Cari Blog Ini

Sabtu, 20 Mei 2023

PENGGUNAAN WILDCARD PADA RUMUS EXCEL

Wildcard adalah karakter khusus yang dapat digunakan untuk menggantikan karakter lainnya, atau dengan kata lain ketika kita tidak mengetahui karakter yang tepat atau ingin mengabaikannya, kita dapat menggunakan wildcard pada karakter tsb.

Pada kali ini kita akan menggunakan wildcard tanda bintang (*) yakni karakter wildcard paling umum yang dapat mewakili sejumlah karakter.

Berikut contoh project menggunakan wildcard untuk mencari data pada laporan penjualan rumah makan :


1.    TASK 1 : Menghitung jumlah menu nasi

Menggunakan formula COUNTIF untuk menghitung banyaknya menu nasi dan menggunakan bantuan wildcard bintang (*) untuk mengabaikan jenis nasi di menu atau dengan kata lain semua menu yang berisi nasi akan dihitung.

=COUNTIF(A3:A10;"nasi*")

 

2.    TASK 2 : Menghitung jumlah menu yang digoreng

Format yang digunakan hampir sama dengan task 1, hanya saja tanda bintang wildcard diletakkan sebelum dan sesudah kata goreng karena menyesuaikan susunan penulisan yang ada di list menu yaitu kata goreng terletak ditengah-tengah dari tiap makanan.

=COUNTIF(A3:A10;"*goreng*")

 

3.    TASK 3 : Menghitung jumlah menu pedas

Format tanda bintang wildcard diletakkan diakhir setelah kata pedas menyesuaikan susunan penulisan yang ada di list menu yaitu kata pedas terletak diakhir dari tiap makanan.

=COUNTIF(A3:A10;"*pedas")

 Hasil project wildcard untuk mencari data pada laporan penjualan rumah makan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar