Cari Blog Ini

Sabtu, 06 Mei 2023

4 TIPE PENJUAL & PEMBELI

 

4 TIPE PENJUAL & PEMBELI

Refrensi Buku 30 Hari Jago Jualan Karya Dewa Eka Prayoga

-       Mengenali 4 tipe penjual dengan metode DISC :

1.    D (Dominan) = Berorientasi pada tujuan dan tugas

2.    I (Intim) = berorientasi pada tujuan dan hubungan

3.    S (Stabil) = berorientasi pada hubungan dan proses

4.    C (Cermat) = berorientasi pada proses dan tugas

 

-       Ciri tiap tipe penjual dalam melakukan penjualan :

Tipe D

Tipe I

Menjelaskan produk secara tegas ke customer dan menciptakan keterdesakan agar customer segera mengambil keputusan, juga membuat proses transaksi terjadi dengan mudah dan cepat.

Membuat customer bersemangat dengan menawarkan kesempatan menarik, dan

membangun suasana menyenangkan dalam transaksi dengan sikap antusiasme kepada customer.

Tipe S

Tipe C

Mengenal keunikan tiap customer sebelum melakukan penjualan dan berusaha menciptakan suasana nyaman tanpa tekanan sehingga menumbuhkan kepercayaan dalam proses penjualan.

Menyakinkan customer dengan menjelaskan secara detail tentang produk atau jasa yang ditawarkan dengan dukungan angka, data, dan fakta.

 

-       Kelebihan tiap tipe penjual dalam melakukan penjualan :

Tipe D

Tipe I

1)      Tidak mudah menyerah pada penolakan

2)      Segera melakukan koreksi apabila customer salah mengerti

3)      Tidak berkutat dengan detail yang tidak berguna

4)      Menyelesaikan masalah dan mengarahkan customer untuk mengambil tindakan cepat

5)      Memudahkan dan mempercepat proses pembelian, agar tidak membuang waktu

6)      Berani menggunakan cara lain di luar prosedur demi mendapatkan penjualan

1)      Memancarkan semangat dan optimis di setiap pertemuan

2)      Menciptakan hubungan lebih akrab karena suasana informal dan peduli terhadap masalah yang dihadapi customer walaupun tidak ada hubungannya dengan proses penjualan

3)      Berusaha menyenangkan customer dan tidak mudah marah

4)      Terus menjalin hubungan jangka panjang dengan customer

Tipe S

Tipe C

1)      Pendengar yang baik

2)      Tidak memaksa customer untuk mengambil keputusan cepat

3)      Menjalin hubungan personal yang harmonis, tidak mudah marah atau frustasi dalam menghadapi customer

4)      Konsisten dalam menjalin hubungan jangka panjang dengan customer

1)      Menguasai secara detail spesifikasi produk yang ditawarkan dengan tepat dan akurat

2)      Customer melihat Anda sebagai orang yang kompeten dan ahli dalam bidang Anda

3)      Memastikan proses penjualan dilakukan sesuai prosedur dan aturan untuk menghindari risiko di masa depan

4)      Menawarkan layanan purnajual (apabila dibutuhkan) kepada customer

 

-       Kekurangan tiap tipe penjual dalam melakukan penjualan :

Tipe D

Tipe I

1)      Kurang peka terhadap kebutuhan customer

2)      Tidak ada basa basi dan kurang sabar

3)      Terkadang menggunakan cara-cara pintas untuk mendapatkan penjualan

4)      Kurang meluangkan waktu untuk mengenal customer dan membangun hubungan lebih dekat

1)      Kurang menguasai detail/spesifikasi produk

2)      Kurang bisa menjelaskan secara logika dan objektif

3)      Penjelasan tentang keunggulan produk tidak disertai dengan data dan bukti-bukti nyata

4)      Terlalu banyak mengumbar janji karena ingin menyenangkan customer

Tipe S

Tipe C

1)      Telihat ragu-ragu atau kurang percaya diri

2)      Membiarkan percakapan kemana-mana karena tidak ingin terkesan memaksa customer

3)      Kurang bisa menyakinkan customer untuk segera mengambil tindakan cepat untuk membeli

4)      Kurang asertif atau sungkan memperbaiki kesalahan persepsi terhadap produk yang ditawarkan

5)      Terlihat takut menyinggung dan kehilangan customer

1)      Terlalu monoton sehingga membosankan

2)      Kurang ekspresif sehingga tidak membangkitkan minat untuk membeli

3)      Tidak dapat membangun keterkaitan emosional

4)      Tidak menyukai pendekatan agresif dan hubungan pribadi

5)      Terlalu sibuk dengan detail yang mungkin tidak penting bagi customer

6)      Terlalu kaku mengikuti aturan sehingga kurang fleksibel dalam memenuhi kebutuhan customer

 

-          Kelebihan dan kekurangan dari tiap tipe dimanfaatkan untuk mencari posisi yang tepat :

Tipe D sebagai “Marketer”

Tipe I sebagai “Public Relation”

Bertugas untuk melakukan inisiasi penjualan, penetrasi produk, dan mendobrak market

Melakukan pendekatan dan follow up ke beberapa orang atau yang sudah jadi pelanggan

Tipe S sebagai “Customer Service”

Tipe C sebagai “Admin/ Penjual Khusus”

Siap kapanpun untuk ditanya oleh customer dan menerima segala bentuk komplain.

Menjualkan produk bernilai tinggi dengan detail dan spesifikasi yang cukup rumit.


-       Mengenali 4 tipe pembeli dengan metode DISC :

1.    Ciri pembeli tipe D (Dominan), mereka tidak menyukai :

1)    Basa basi

2)    Buang-buang waktu

3)    Keraguan-raguan

4)    Terlalu banyak detail

5)    Merasa dimanfaatkan

2.    Ciri pembeli tipe I (Intim), mereka tidak menyukai :

1)    Terlalu banyak detail

2)    Terlihat pesimis

3)    Penjual yang tidak bersahabat

4)    Penjual yang tidak setuju atas pendapat-pendapatnya

3.    Ciri pembeli tipe S (Stabil), mereka tidak menyukai :

1)    Tekanan atau paksaan

2)    Penjual yang terlalu agresif

3)    Ketidakpastian

4)    Konflik

4.    Ciri pembeli tipe C (Cermat), mereka tidak menyukai :

1)    Pernyataan yang tidak logis dan emosional

2)    Pertanyaan seputar pribadi

3)    Presentasi yang terlalu antusias

4)    Melibatkan emosi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar